Kamis, 10 Februari 2011

Geohot Dituntut Sony Karena Membobol PS3



Rupanya Sony sudah geram dan tidak tahan lagi dengan tindakan para hacker yang membobol konsol game PlayStation 3 besutannya. Sekitar hampir dua minggu lalu, hacker yang tidak asing lagi George Hotz (Geohot) bersama timnya telah mengeluarkan metode hack Sony PS3 via ponsel pintar. Firmware hack ini dinamakan fail0verflow yang memungkinkan segala aplikasi untuk berjalan di konsol game PS3.

Geohot sendiri juga telah merilis jailbreak iOS untuk perangkat Apple dan memperoleh acungan jempul dan banyak donasi dari para fans Apple. Tidak suka dengan hack tersebut, kuasa hukum Sony di Amerika meminta pengadilan untuk menghentikan dan menindak tegas dengan mendakwa Geohot sebagai biang keroknya. Anggota tim yang tergabung dalam hack Fail0verflow lainnya juga tidak ketinggalan seperti Hector Cantero, Sven Peter, "Bushing," "Segher," dll.

Hacker tersebut dituntut atas dakwaan pelanggaran DMCA (Digital Millennium Copyright Act), penipuan dan pelanggaran hak cipta, pelanggaran kontrak, dan lainnya. Sony juga meminta pengadilan untuk menyetop peredaran kose sumber atau software lain yang bisa dijadikan celah untuk membobol PS3.



Sedangkan disisilain, Geohot merasa tidak takut dengan tuntutan Sony tersebut, bahkan masih ingin melancarkan aksinya membagikan cara hack PS3 itu ke publik. Memang dibandingkan perusahaan sebesar Sony, George Hotz mungkin tidak ada apa-apanya, namun dia sendiri telah membuktikannya dengan tidak tersentuh pelanggaran hukum setelah merilis dan membagikan metode jailbreak iOS.

Sepertinya Sony harus belajar bersabar untuk menerima kondisi tersebut dari Apple. Sony juga mengklaim kalau mengoprek PS3 untuk bermain game bajakan dapat menggangu kinerja konsol game populer tersebut.